Bola Online Piala Dunia Debut Pemain Asing di Indonesia

Bola Online Piala Dunia Debut Pemain Asing di Indonesia – Pemain asing yang baru saja berkarier di Indonesia telah memberikan kontribusinya untuk klub mereka masing-masing. Lalu, bagaimanakah performa mereka di awal kompetisi Indonsia Super League tepatnya pada musim ini?

Seperti diketahui, PT Liga Indonesia telah melakukan penutupan bursa transfer pada awal musim di ISL (Indonesia Super League) 2014 akhir februari lalu. Terdapat sepuluh klub yang telah mendaftarkan pemain-pemain asing yang baru berkarier di Indonesia. Secara total, terdapat 13 pemain asing yang telah bermain di ISL pada musim ini. Menarik untuk dilihat bagaimana performa yang dilakukan oleh mereka di awal musim. Karena seharusnya, penggunaan pemain asing harus diimbangi dengan kualitas tinggi yang dapat memberi efek yang positif untuk pemain lokal. 13 pemain asing tersebut berasal dari zona berbeda yakni zona Eropa, empat Amerika Latin, empat Afrika, satu dari Asia dan satu Amerika Utara.

Lalu, terdapat tiga klub yang mendatangkan pemain asing baru dalam jumlah banyak seperti Sriwijaya FC, Persepam Madura United dan Persiba Balikpapan. Masing-masing klub tersebut telah merekrut dua legiun asing. Secara total, terdapat sepuluh gol yang telah dilesakkan oleh 13 pemain asing tersebut di awal musim. Pemain asing baru yang paling banyak mengemas gol seperti Michael William Baird (PSM Makassar), Ivan Bosnjak (Persija Jakarta), serta Silvio Escobar (Persepam Madura United). Masing-masing pemain itu telah membukukan dua gol.

Yang menarik, kebanyakan pemain asing yang telah direkrut tersebut mempunyai posisi sebagai striker dan bek. Terdapat lima striker asing baru dan lima bek asing pada musim ini. Namun, di sisi lain, hanya tiga pemain yang mempunyai posisi sebagai gelandang dan tidak ada satupun pemain asing yang berposisi sebagai kiper.

Jika dilihat dari faktor usia, maka dari 13 orang pemain asing tersebut rata-rata berusia 29 tahun. Pemain yang tertua yakni Ivan Bosnjak yang telah menginjak usia 35 tahun. Sedangkan pemain yang paling muda yakni Abdoulaye Youssouf Maiga (Sriwijaya FC) yang kini berusia 25 tahun. Di sisi lain, dari segi pelanggaran, telah terdapat 14 buah kartu kuning yang telah dikoleksi. Kartu kuning yang paling banyak didapatkan oleh Michael William Baird yang merupakan striker PSM dengan koleksi tiga kartu.

Namun, dilihat dari durasi bermain, Shaka Bangura selaku striker Barito Putera sejauh ini menjadi pemain yang memiliki durasi permainan paling sedikit yaitu 216 menit dari tiga pertandingan yang telah dilakoni. Dan pemain asing yang mempunyai durasi bermain paling banyak di musim ini yakni Boban Nikolic dari PBR yaitu 537 menit dengan raihan satu gol. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari jumlah pertandingan yang telah dimainkan oleh timnya sebanyak enam kali laga.