Catatan Menarik dari Kekalahan Perdana Barcelona di La Liga

Catatan Menarik dari Kekalahan Perdana Barcelona di La Liga

Catatan Menarik dari Kekalahan Perdana Barcelona di La Liga – Kukuh di puncak klasemen La Liga sebagai tim tak terkalahkan hingga hampir paruh musim ini, Barcelona FC akhirnya menunduk kalah usai dipukul mundur oleh Athletic Bilbao pada Senin (2/12) lalu. Berlaga tandang ke markas Athletic Bilbao, Barcelona ditundukkan dengan mudah lewat skor 0-1.

Kekalahan dalam laga tandang kemarin menjadi kekalahan perdana La Blaugrana di ajang La Liga, namun menjadi kekalahan beruntun kala sebelumnya telah lebih dulu digulung oleh Ajax Amstersdam pada panggung kompetisi terbesar Eropa, Liga Champions minggu lalu.

Selain kekelahan yang dirasakan oleh Barcelona di San Mames Barria kala melawat Atletico Bilbao kemarin, ada beberapa fakta menarik lain yang disadur dari Infostrada dan Opta. Inilah 7 fakta menarik tersebut.

1. Selama tujuh tahun, inilah kemenangan perdana

Pertemuan antara Barcelona dan Ahtletic Bilbao selama tujuh tahun lamanya, selalu dimenangi oleh Barcelona atau berakhir dengan imbang. Baru laga pada (2/12) lalu lah Bilbao mendapat kemenangan sejak skuad berjuluk Basque tersebut terakhir kalinya unggul lawan Blaugrana pada 2006 lalu.

2. Dejavu dari San Mames

San Mames Barria adalah stadion anyar athletic Bilbao dan pertama kalinya pula untuk Barcelona berlaga di kandang Basque tersebut. Dan pada 1929 silam pun Barcelona pernah kalah kala berlaga di San Mames.

3. Kekalahan pertama tanpa adanya Messi

Kemarin adalah pertama kalinya Barcelona kalah sepanjang empat musim terakhir tanpa kehadiran sang bomber serta striker unggulan, Lionel Messi. Bahkan ketika Messi absen dalam empat musim tersebut, Barcelona tetap mampu membawa pulang 16 kemenangan dan hanya pernah ditahan dua kali seri.

4. Fabregas beraksi lebih agresif

Catatan angka hingga 41 kali umpan sukses yang dibuat oleh Cesc Fabregas di area pertahanan lawan adalah angka tertinggi yang pernah dicatat dalam panggung kompetisi La Liga sejauh ini.

5. Neymar banyak dilanggar

Sang pemain anyar Barcelona, Neymar Silva adalah pemain yang paling banyak dilanggar dari lima panggung turnamen sepak bola elite di benua Biru sepanjang paruh musim ini. Bersama Diego Costa, Neymar dilanggar sebanyak 51 kali.

6. Catatan Buruk Dua Musim Terakhir 

Memang baru kali ini Bilbao berhasil menang dalam laga kontra Barcelona. Namun dari tiga kali berlaga di kandang Athletic Bilbao pun Barcelona tak pernah menang. Keduanya selalu berakhir dengan skor imbang. Dalam dua laga terakhir keduanya berakhir dengan skor imbang dua sama.

7. Gol ke-250 

Satu gol dari Iker Muniain yang membobol gawang Jose Manuel Pinto, membuat Athletic Bilbao tercatat sudah melesakkan setidaknya 250 gol yang merobek gawang La Blaugrana di La Liga. Raihan ini berada dibawah Real Madrid yang sukses melesakkan 271 gol ke gawang Barcelona.