Kesiapan Brasil Menggelar Piala Dunia Mulai Diragukan

Kesiapan Brasil Menggelar Piala Dunia Mulai Diragukan

Kesiapan Brasil Menggelar Piala Dunia Mulai Diragukan – Laporan terbaru dari Brasil terkait tentang Persiapan Piala Dunia tahun depan menyebutkan bahwa kondisi lapangan yang dipersiapkan untuk laga Piala Dunia sudah mengalami kebocoran. Mane Garrincha National Stadium yang direnovasi khusus untuk Piala Dunia tahun depan telah selesai renovasi sejak delapan bulan lalu. Namun atap stadion termahal di dunia itu sudah mengalami kebocoran sebelum Piala Dunia di gelar. Kebocoran tersebut terjadi saat digelar pertandingan sepakbola wanita antara Brasil dan Chile.

Sejumlah media lokal Brasil menyebutkan bahwa hampir seluruh tempat duduk di tribun bawah basah terendam air karena hujan yang mengguyur pada malam hari. Secopa yang merupakan operator pembangunan stadion berkilah bahwa kejadian tersebut baru sekali ini terjadi. Stadion masih baru dan masih berada dalam tahap uji coba. Secopa mengatakan bahwa kebocoran tersebut bukanlah suatu masalah yang serius dan tidak akan mengganggu pertandingan yang akan di gelar disana selama Piala Dunia tahun depan nanti.

Meski demikian hal tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat proses renovasi masih belum lama selesai tepatnya masih delapan bulan. Pihak pemerintah kota Brasil akan meminta penjelasan secara resmi dari pihak pengembang kenapa kerusakan tersebut bisa terjadi.

Secopa menyebutkan bahwa Mane Garrincha adalah sebuah stadion baru yang megah dan kompleks. Beberapa poin kecil masih terus diperbaiki dan akan terus diuji coba. Namun tidak ada masalah yang berarti dalam stadion tersebut. Stadion itu berada dalam jaminan selama lima tahun dan setiap biaya perbaikan akan dibayar oleh pembangun. Secopa akan langsung melakukan perbaikan terhadap kerusakan tersebut dan tidak akan memberikan biaya tambahan kepada pemerintah Brasil.

Kabarnya Stadion nasional yang berada di di ibukota Brasil itu telah menelan biaya lebih dari $ 1,2 miliar. Dibandingkan dengan 12 stadion lain yang juga dipersiapkan untuk laga Piala Dunia 2014, Mane Garrincha Stadium merupakan stadion yang paling mahal.

Rencananya diStadion Mane Garrincha pada Piala Dunia 2014 nanti akan digelar enam kali pertandingan termasuk babak perempat final dan babak playoff ketiga. Sebenarnya Stadion ini sudah diresmikan pada bulan Mei lalu dan menjadi tuan rumah lagapembuka Piala Konfederasi antara Brasil dan Jepang pada bulan Juni lalu.

Bukan hanya Mane Garrincha Stadium yang mengalami kebocoran, setidaknya masih ada tiga stadion lagi yang masih harus berpacu dengan waktu agar masalah tersebut selesai sebelum diadakan kick off tanggal 12 Juni 2014 yang akan datang.

Dalam pembangunan Stadion di Brasil itu juga diwarnai dengan insiden kecelakaan kerja yang menyebabkan beberapa pekerja meninggal dunia. Pada akhir November lalu ada dua pekerja meninggal dunia karena tertimpa crane di Corinthians Arena, Sao Paulo. Kemudian dikabarkan satu pekerja tewas dalam pembangunan stadion Mane Garrincha.

Kejadian tersebut membuat publik sepakbola merasa was was dengan kualitas pembangunan stadion yang disediakan oleh Brasil.